INFO GUNUNG SEMERU: RUTE PENDAKIAN GUNUNG SEMERU, LENGKAP!

Pendakian Gunung Semeru
Pendakian Gunung Semeru
Info Gunung Semeru: Di sini akan kami bagikan informasi rute pendakian gunung Semeru selengkap mungkin. Bagi anda yang hendak menuju puncak Mahameru, dari manapun anda berangkat via Malang atau Lumajang, desa terakhir yang harus  dilewati adalah desa Ranu Pane. Info detail tentang gunung Semeru silakan baca Gunung Semeru Rumah Para Dewa

Rute Pendakian Gunung Semeru
Berikut ini adalah rute perjalanan yang harus dilalui: Malang - Ranu Pane- Watu Rejeng - Ranu Kumbolo - Oro Oro Ombo - Cemoro Kandang - Pos Kalimati -  Arcopodo – Puncak Semeru.

Malang - Ranu Pane
Untuk yang berangkat dari kota Malang rute menuju Ranu Pane adalah dengan menggunakan angkutan umum menuju desa Tumpang.  Yang menggunakan jasa kerata api, dari Stasiun Kota Baru Malang, bisa naik angkot dengan label AMG atau ADL dan turun di terminal Arjosari. Lalu, dari terminal Arjosari tersebut perjalanan dapat dilanjutkan dengan naik angkot jurusan Arjosari-Tumpang (TA) turun di terminal pasar Tumpang. Di pasar Tumpang ini, pendaki bisa sekaligus melengkapi kelengkapan untuk keperluan logistik selama pendakian ke Semeru. Banyak terdapat sayuran dan bumbu dapur

Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan naik Jeep atau Truk Sayuran menuju Ranu Pane, desa terakhir sebelum pendakian yang disebutkan di atas. Biaya sewa Jeep sekitar  sekitar Rp 600 - 800 ribu/jeep (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Sedangkan biaya naik Truk hanya sekitar Rp 30 ribu/orang. Mampu mengangkut hingga 30 orang.

Sebelum berangkat dari Tumpang,  pendaki terlebih dahulu harus mengurus perijinan di kantor Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berada di Tumpang. Dan pendaki yang masuk dari via Lumajang bisa mengurus perizinan di kantor Resort Pengelolaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Wilayah Ranupane. Tentang tata cara dan syarat pengurusan izin pendakian Gunung Semeru, silakan baca di artikel di blog ini.

Setelah sampai Ranu Pane dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam, para pendaki wajib melapor ke petugas dengan menunjukkan surat ijin pendakian dan karcis masuk. Sampai di sini, para pendaki akan mendapatkan penjelasan-penjelasan dari petugas sebelum berangkat untuk melanjutkan perjalanan. Perlu diketahui, di sini terdapat juga cafetaria dan penginapan.

Info Gunung Semeru: Ranu Pane – Watu Rejeng - Ranu Kumbolo
Ada dua jalur yang bisa ditempuh dalam rute pendakian gunung Semeru, yaitu jalur Watu Rejeng dan jalur Gunung Ayek-Ayek. Tetapi kedua jalur tersebut akan bertemu di Ranu Kumbolo. Di sini kami akan memberikan jalur reguler yang biasa digunakan kebanyakan pendaki puncak Semeru.
 
Pendakian Gunung Semeru
Pendakian Gunung Semeru
Perjalanan dari Ranu Pene, pendaki akan menemukan gapura selamat datang di sebelah kiri jalan menuju bukit. Jangan mengikuti jalanan lebar ke arah kebun penduduk. Jalur awal yang akan dilalui cukup landai dan hanya beberapa tanjakan hingga sampai di Watu Rejeng.  

Dari Watu Rejeng menuju pos pendakian di Ranu Kumbolo jaraknya sekitar 4,5 Km. Sampai di Ranu Kumbolo, pendaki bisa beristirahat atau mendirikan tenda sekalian menikmati pemandangan yang sangat indah. Ranu Kumbolo adalah sebuah danau seluas 14 ha berada pada ketinggian 2.400 mdpl.

Ranu Kumbolo - Oro Oro Ombo - Cemoro Kandang  
Melanjutkan rute pendakian gunung Semeru, setelah dari Ranu Kumbolo, pendaki akan mendapati hamparan padang rumput yang luas dan indah yang dinamakan oro-oro ombo.  Kawasan ini dikelilingi bukit dan gunung. Selanjutnya, selanjutnya perjalanan akan memasuki hutan Cemara. Inilah kawasan yang disebut Cemoro Kandang.

Cemoro Kandang - Pos Kalimati  
Dari Cemoro Kandang perjalanan akan berlanjut menuju Pos Kalimati yang berada pada ketinggian 2.700 mdpl. Di tempat ini, pendaki disarankan untuk mendirikan tenda lagi untuk beristirahat dan mempersiapkan fisik sebelum menuju puncak Mahameru. Dari tempat ini, perjalanan selanjutnya sebaikanya dilakukan pada pagi-pagi sekali, bisa memulai sejak pukul 24.00.

Pos Kalimati - Arcopodo  
Arcopodo berjarak 1 jam dari Kalimati.  Perjalanan akan menyusuri hutan cemara yang dan track yang sangat curam. Hati-hati, tanah di kawasan ini mudah longsor dan berdebu. Sampai di Arcopodo, pendaki berarti berada pada ketinggian 2.900 mdpl. Sampai di sini, adalah wilayah vegetasi terakhir sebelum mendaki puncak Gunung Semeru.

Arcopodo - Puncak Mahameru  
Dari Arcopodo menuju puncak Semeru diperlukan waktu sekitar 3-4 jam dengan melewati bukit pasir yang sangat curam dan mudah merosot. Semua barang bawaan kecuali yang diperlukan selama perjalanan sebaiknya ditinggal di Arcopodo atau di Kalimati.

Di puncak Gunung Mahameru (Semeru) pendaki disarankan untuk tidak menuju kawah Jonggring Saloko karena adanya gas beracun dan aliran lahar.


Demikian tadi rute pendakian gunung Semeru. Semoga bermanfaat untuk pencinta gunung sekalian. Silakan memberi tambahan informasi di kolom komentar. Pendaki juga bisa ngobrol tentang gunung atau janjian melakukan perjalanan bersama di Forum Info Gunung Semeru.
Terima kasih telah membaca artikel tentang INFO GUNUNG SEMERU: RUTE PENDAKIAN GUNUNG SEMERU, LENGKAP! di blog Info Gunung jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :