INFO GUNUNG RINJANI: ANDA WAJIB TAHU FAKTA MENARIK SEPUTAR GUNUNG DI NTB INI!

INFO Gunung Rinjani

Info Gunung Rinjani- Pernah melakukan Pendakian Rinjani adalah impian setiap pencinta gunung. Karena menuju ke gunung yang berada Pulau Lomboak, Nusa Tenggara Barat ini, pendaki pastinya akan mendapatkan pengalaman dan tantangan yang tak pernah terlupakan sepanjang hidup. Gunung dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini memang merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia.

Gunung Rinjani selalu dikenal dengan keindahannya. Maka tak aneh jika gunung satu ini sering dikunjungi oleh pendaki lokal maupun manca negara. Bagi kawan pendaki yang hendak muncak ke Rinjani, ada beberapa hal menarik yang perlu diketahui. Simak ulasannya di bawah ini:

5 Info Gunung Rinjani Yang Wajib Anda Diketahui

1. Gunung Tertinggi Kedua di Indonesia

Dengan ketinggian 3.726 mdpl, gunung Rinjani termasuk seven summits. Istilah ini untuk menyebut daftar 7 puncak gunung tertinggi di dunia berdasarkan kawasannya. Selain Rinjani, gunung yang termasuk seven summits adalah Puncak Jaya. 

Jika kawan-kawan ingin melakukan pendakian gunung Rinjani, maka harus menyiapkan apa saja yang dikira perlu untuk mencapai puncaknya di ketinggian 3.726 mdpl itu.

2. Salah Satu Gunung Indah dari Yang Terindah

Keternaran Rinjani sudah mashur sampai penjuru dunia. Kecantikan gunung Rinjani tentu tidak terlepas dengan keberaadaan Danau Segara Anak Rinjani yang terletak di ketinggian 2.008 mdpl. Danau seluas 1.100 ha menjadi tempat favorit para pendaki gunung Rinjani untuk beristirahat. Keindahannya tak pernah membosankan bagi yang sedang berada di sini. Mereka, para pendaki yang singgah di sini, bahkan bisa menghabiskan waktu berhari-hari. Di sini, kawan-kawan bisa mendirikan tenda sekaligus memancing jika sempat.

Berdasarkan mitos yang sampai sekarang diyakini, danau Rinjani ini adalah tempat persemayaman Dewi Anjani.

3. Kawasan Rinjani Terletak di Garis Walacea

Apa artinya Garis Walacea?

Artinya adalah, Gunung Rinjani terletak di zona transisi yang mempertemukan antara flora dan fauna dari dua bagian. Di tempat ini, flora dan fauna tropis Asia bertemu dengan flora dan fauna dari Australia. Sehingga, jenis hewan dan tumbuhan yang ada di kawasan Rinjani sangat kaya dan unik. Beberapa hewan yang ada di Rinjani termasuk di antarnya: Kijang, Musang, berbagai jenis Burung, Lutung Budeng, Trenggiling. 

Dan jenis tumbuhan di kawasan Gunung Rinjani dipenuhi dengan ekosistem tumbuhan yang bermacam-macam. Di Rinjani, kalian akan mendapati hamparan savana yang sangat luas berhiaskan bunga edelweis. Oleh karena itu, banyak pendaki yang menyebut trek pendakian gunung Rinjani sangat mengesankan karena ke-heterogenitas-an ekosistemnya.

4. Gunung Pantai

Rinjani juga disebut sebagai gunung pantai karena di sana terdapat Padang Savana yang terhampar luas tanpa pohon-pohon sehingga membuat hamparan itu seperti lautan. Tak adanya pohon rindang sering membuat ujian tersendiri ketika melakukan pendakian ke gunung Rinjani. Suhu di tempat tertentu, menjadi sangat panas karena bersentuhan langsung dengan sinar matahari. Maka penting untuk kawan-kawan yang akan mendaki ke puncak gunung Rinjani harus menyiapkan topi dan kalau perlu juga sunblock.

5. Pengelolaan Terpadu

Kabar baik untuk para pendaki gunung Rinjani. Dengan adanya pengelolaan yang baik ini, pastinya akan semakin mempermudah para pendaki. Gunung Rinjani memiliki badan pengelola khusus yang mengurusi masalah pendakian bernama Rinjani Tracking Management Board (RTMB).  Dikatakan manajemen ini terbaik di seluruh Asia Tenggara yang mengurusi masalah pendakian gunung.

Badan ini dikelola langsung oleh pemerintah dan melibatkan masyarakat lokal. Banyak jasa yang yang ditawarkan, mulai dari pemandu, porter, koki, hingga tempat penyewaan alat dengan harga resmi. Semuanya ada. Jadi untuk pendaki pemula yang ingin melakukan pendakian gunung Rinjani tak perlu khawatir. Serahkan saja kepada mereka, maka semuanya akan beres. Dan yang penting dijamin aman.


Itulah 5 info gunung Rinjani yang wajib anda tahu ketika akan melakukan pendakian ke gunung Rinjani. Terima kasih, semoga bermanfaat!
Terima kasih telah membaca artikel tentang INFO GUNUNG RINJANI: ANDA WAJIB TAHU FAKTA MENARIK SEPUTAR GUNUNG DI NTB INI! di blog Info Gunung jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

1 comments :