INFO GUNUNG MARAPI: DIPADATI PENDAKI SAAT MALAM TAHUN BARU

Info Gunung Marapi
Info Gunung Marapi - Malam peringatan pergantian tahun selalu diperingati dengan berbagai aktivitas. Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda  dalam merayakan dan menyambut tahun baru. Di tahun baru 2015 ini, ada yang menghadiri konser, berdoa bersama, atau yang lainnya. Tapi, bagi pencinta gunung, menikmati pergantian malam tahun baru dengan mendaki gunung tentunya adalah sebuah perayaan paling istimewa. Salah satu gunung di Indonesia yang ramai dikunjungi pendaki saat malam pergantian tahun 2014 menuju 2015 adalah gunung Marapi di Sumatera Barat.

Gunung Marapi Tepatnya terletak di kawasan Kabupaten Agam. Dengan ketinggian 2.891 mdpl, gunung ini terlihat dari kota Bukittinggi, kota Padangpanjang, dan kabupaten Tanah Datar.

Para pendaki yang menyambut tahun baru di gunung Marapi tercatat bisa dikatakan sangat banyak sekali. Hingga sore, hari Rabu (31/12/2014), sebelum memasuki tanggal 1 Januari 2015,  terdapat ribuan pendaki. Salah satu anggota Marapi Adventure Camp mengatakan bahwa sejak dua hari terakhir, sebelum memasuki tahun baru, sudah ada sekitar 1.500 orang yang hendak menuju puncak Marapi. "Hari ini aja ada sekitar 1.500 orang yang naik ke Gunung Marapi,"  tuturnya sebagai info gunung Marapi terkini.

Untuk mengantisipasi lonjakan pendaki di hari liburan tahun baru ini, semua yang akan mendaki gunung Marapi dilakukan pendataan di pintu masuk. Selain itu, untuk menjaga keselamatan para pendaki, ada beberapa relawan dan pencinta alam turut serta mengantisipasi jika ada hal-hal buruk, seperti kecelakaan. Para relawan dan pencinta alam ini disiapkan untuk membantu jika terjadi musibah yang tidak diinginkan.

Meski pendakian menuju puncak Marapi mendapatkan izin, namun mereka dilarang untuk terlalu mendekati pusat kawah. Pasalnya, gunung yang masih aktif tersebut, saat ini aktivitas vulkanik sedang meningkat. Oleh sebab itu, bagi Anda jika akan mendaki ke gunung ini, agar tidak mendekati kawah gunung Marapi.


Bahkan, menurut petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bukittinggi mengingatkan bahwa aktivitas Marapi sedang dalam status waspada. Semua aktivitas manusia di Marapi hanya diizinkan radius 3 km dari puncak. Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana daerah Sumatera Barat telah mengeluarkan info gunung Marapi yang isinya melarang sepenuhnya bagi para mendaki untuk menuju puncak gunung ini. 
Terima kasih telah membaca artikel tentang INFO GUNUNG MARAPI: DIPADATI PENDAKI SAAT MALAM TAHUN BARU di blog Info Gunung jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :