INFO GUNUNG SEMERU: PENDAKIAN GUNUNG SEMERU JALUR AYEK-AYEK

Info Gunung Semeru

INFO GUNUNG SEMERU - Untuk pendakian gunung Semeru bisa melewati dua pilihan jalur, yang pertama jalur Watu Rejeng dan yang kedua adalah pendakian gunung Semeru jalur Ayek-Ayek. Untuk pendakian melalui Watu Rejeng bisa disimak informasinya di artikel berikut (Rute Pendakian Gunung Semeru)

Jalur Ayek-Ayek bisa dijadikan sebagai jalur alternatif atau jalan pintas. Sebab, jalur ini pun biasanya hanya dipakai oleh pendaki lokal, yang sudah sangat familiar dengan kawasan gunung Semeru ini. Kondisi jalur ini sangat curam dan cukup berbahaya bagi para pemula.

Untuk melakukan pendakian gunung Semeru jalur Ayek-Ayek, pendaki dapat menemukan jalur ini dengan melalu rute pendakian dari desa Ranu Pane kemudian melintasi perkebunan sayuran milik penduduk setempat. Biasanya kebun itu berupa tanaman bawang dan kol.

Setelah itu, jalur selanjutnya akan menanjak curam. Hal itu karena pendakian via jalur Ayek-Ayek akan banyak menghadapi lintasan yang merupakan punggungan gunung Ayek-ayek. Setelah melintasi tanjakan curam, pendaki kemudian juga akan melintasi celah gunung yang agak licin dan berbatu.  Melalui jalur ini, pendaki harus menyusuri sisi gunung Ayek-ayek yang agak melingkar ke arah kanan.

Selesai melewati tebing terjal tersebut, pendaki akan tiba di tempat yang agak datar. Di sini, terdapat hamparan cukup luas, yang merupakan celah pertemuan dua gunung. Kemudian, perjalanan pendakian gunung Semeru jalur Ayek-Ayek akan dilanjutkan dengan menyusuri tebing terjal lagi. Kali ini, jalur itu agak melingkar ke arah kiri. Jalur terjal yang ini, kemungkinan akan menghabiskan waktu kira-kira 30 menit. Nah, info gunung Semeru ini wajib dibaca dengan seksama, setelah melewati tepian tebing terjal ini, pendaki akan disuguhi pemandangan sebuah bukit dan padang rumput yang sangat luas. Dengan begitu, artinya pendaki telah  sampai padang rumput yang disebut Pangonan Cilik.

Melintasi kawasan Pangonan Cilik kemungkinan selama 45 menit. Setelah melintasi padang rumput, selanjutnya perjalanan berbelok ke arah kiri. Setelah itu, maka sampailah di sebuah danau yang sangat luas yang disebut danau Ranu Kumbolo, tempat para pendaki sebagai tempat istirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Mahameru.

Berikut ini gambar peta pendakian gunung Semeru:
Peta Pendakian Gunung Semeru
Peta Pendakian Gunung Semeru


Demikian info gunung Semeru dan rute pendakian gunung Semeru jalur Ayek-Ayek




Terima kasih telah membaca artikel tentang INFO GUNUNG SEMERU: PENDAKIAN GUNUNG SEMERU JALUR AYEK-AYEK di blog Info Gunung jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

1 comments :

jalur ayek2 apa termasuk jalur resmi jg?

Balas