INFO GUNUNG SEMERU: KAWASAN HUTAN GUNUNG SEMERU TERBAKAR

Gunung semeru kebakaran
Hutan Gunung Semeru Terbakar
Info Gunung Semeru - Kawasan hutan gunung Semeru yang masuk dalam Pengelolaan Taman Nasional Ranudarungan, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kebakaran. Adanya kabar kebakaran tersebut diperoleh dari laporan warga pada hari Sabtu (11/10/2014) malam.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Kota Malang, Jawa Timur, Ayu Dewi Utari, telah mengkonfirmasi akan adanya kejadian tersebut. Namun pihaknya belum bisa mengambil tindakan dan mengetahui luas area hutan yang terkena amukan si jago merah.

"Lokasi kebakaran di Desa Pronojiwo, pada batas vegetasi, dan terlihat cukup jelas dari Jalan Raya Pronojiwo. Tindakan sementara adalah pengamatan dari Desa Pronojiwo " kata Ayu Dewi Utari Minggu (12/10/2014).

Sulitnya mengatasi kebakaran di kawasan gunung Semeru ini karena lokasi kebakaran memang jauh dari jangkauan manusia, yakni berada di ketinggian 3.676 mdpl. Apalagi jalan menuju lokasi pun sangat sulit.

Adapun penyebab kebakaran hutan konservasi tersebut diduga akibat luncuran lava pijar Gunung Semeru. Sebagaimana yang diungkap oleh warga Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Herry Gunawan, ia menceritakan bahwa beberapa hari terakhir ini ia  melihat letusan Gunung Semeru yang disertai lava pijar.

Letusan gunung Semeru seperti itu, bagi warga sekitar gunung, dianggap sudah biasa. Pasalnya, aktivitas vulkanik gunung tertinggi di Jawa tersebut sedang berstatus waspada. Letupan lava semakin terlihat jelas pada malam hari.

"Letusan vulkanik dengan disertai lava pijar terlihat jelas pada malam hari. Sejauh ini warga biasa saja, tidak panik sebab aktivitas gunung Semeru seperti itu dinilai wajar," kata Herry menyampaikan info gunung Semeru terkini.

Namun, tambah dia, lava pijar yang terlihat dalam beberapa hari terakhir mulai mengkhawatirkan. Sebab luapan lava itu sudah menimbulkan dampak kebakaran kawasan hutan. Khawatir kalau kebakaran itu merembet ke permukiman penduduk.

Kebakaran terakhir di kawasan TNBTS terjadi pada bulan September lalu menghanguskan seluas sekitar 100 hektare (ha) di areal lautan pasir Gunung Bromo. Kabarnya kalau kebakaran yang ini akibat ulah manusia.

Secara keseluruhan, dalam rentang waktu 2007-2011 saja telah terjadi 61 kasus kebakaran. Total lahan semuanya yaitu seluas 1.688,05 ha. Kejadian kebakaran itu terjadi di Resort Tengger laut pasir, Ranupani, Ngadas, Senduro, Pasrujambe, Pananjakan, dan Coban Trisula. Demikian info gunung Semeru terbaru. 
Terima kasih telah membaca artikel tentang INFO GUNUNG SEMERU: KAWASAN HUTAN GUNUNG SEMERU TERBAKAR di blog Info Gunung jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :