PUNCAK JAYA, GUNUNG TERTINGGI DI INDONESIA

Gunung Puncak Jaya
Gunung Puncak Jaya

Gunung Puncak Jaya adalah gunung tertinggi di Indonesia. Ketinggiannya yaitu mencapai 5030 Mdpl. Namun ada juga yang mengatakan 4.884 Mdpl. Berdasarkan Australian Navigational Air Maps ketinggian puncaknya memang 5.030 atau setara dengan 16503 feet.

Puncak yang berada di barisan puncak pegunungan Jayawijaya ini terletak di provinsi Papua, Indonesia. Dan, gunung ini adalah satu-satunya gunung yang memiliki gletser (Padang salju) di daerah tropika. Namun keberadaan gletser tersebut diperkirakan akan segera hilang dalam waktu dekat akibat pemanasan global. Sejak tahun 1970, gletser puncak jaya dilaporkan menyusut sangat cepat.

Tentang nama, gunung Puncak Jaya ini memiliki banyak sebutan. Beberapa nama yang masih digunakan di antaranya yaitu; Nemangkawi, Ngga Pulu, Gunung Carstensz, Piramida Carstensz, Puncak Carstensz, Puncak Jayadikesuma, dan Ndugundugu. Pada tahun 1963, puncak ini juga pernah tenar dengan sebutan puncak Soekarno. Nama Puncak Jaya sampai sekarang adalah nama yang sering dipakai hingga sekarang. Begitu pula nama piramida Carstensz juga masih digunakan oleh sebagian pendaki gunung.

Gunung Puncak Jaya merupakan salah satu dari tujuh puncak dunia (Seven Summits). Artinya, gunung ini adalah salah satu dari gunung dengan puncak tertinggi di tujuh benua dunia.

Puncak Gunung Jaya pertama kali berhasil didaki oleh orang Belanda pada tahun 1909. Orang Belanda itu bernama Hendrik Albert Lorentz. Ia tidak sendirian mendaki puncak jaya, tapi bersama  6 kawannya. Karena keberhasilannya dan menjadi orang pertama mencapai puncak, namanya sekarang digunakan sebagai nama taman nasional yaitu; Taman Nasional Lorentz.

Setelah Lorentz, tidak ada lagi orang yang tercatat mampu sampai ke Puncak Jaya. Baru pada tahun 1962, sebuah ekspedisi yang dipimpin oleh pendaki gunung asal Austria, Heinrich Harrer dan tiga anggotanya yaitu Philip Temple, Russel Kippax, dan Albertus Huizenga. Untuk mendaki gunung satu ini, keahlian yang cukup memang sangat dibutuhkan. Sebab, di bawah Puncak Jaya kemiringan tebing sangat curam; 10-15 derajat dengan tinggi 80 meter.  Nilai kesulitan mendaki puncak Jaya berdasarkan standar UIIA adalah 5-5+


Selain gunung Puncak Jaya, 2 puncak lain yang terkenal juga terletak di bagian barat  pegunungan Jayawijaya adalah puncak Mandala dan puncak Trikora. 

Lokasi Puncak Jaya dengan google Maps

Terima kasih telah membaca artikel tentang PUNCAK JAYA, GUNUNG TERTINGGI DI INDONESIA di blog Info Gunung jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

1 comments :