INFO GUNUNG SINABUNG MELETUS TERKINI: Warga Sekitar Harus Hati-hati!

Info Gunung Sinabung Terkini
Ilustrasi

Info Gunung Sinabung terkini terpantau bahwa aktivitas di gunung tersebut masih sangat tinggi sehingga berpotensi mengalami erupsi susulan. Gunung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, tersebut meletus lagi sejak Minggu (5/10/2014) kemarin.
Menurut Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Surono yang memantau aktivitas gunung Sinabung menggunakan Thermal-Camera menjelaskan bahwa erupsi pertama terjadi pada pukul 01.46 WIB. Akibat letusan gunung Sinabung itu meluap berupa awan panas guguran dari puncak. Dan, material vulkanik memiliki jarak luncur sejauh 4.500 meter, tinggi abu vulkanik 2.000 meter, lama erupsi 263 detik.
Erupsi gunung Sinabung yang kedua terjadi pada pukul 06.38 WIB. Letusan berupa awan panas berguguran dari puncak dengan jarak luncur sejauh 2.500, lama erupsi 152 detik.
Erupsi gunung Sinabung ketiga terjadi pukul 07.36 WIB. Awan panas memiliki jarak luncur sejauh 3.000 meter lama erupsi 158 detik.
Erupsi gunung Sinabung keempat terjadi pukul 07.53 WIB mengeluarkan berupa awan panas dari puncak dengan jarak luncur sejauh 4.500 meter dengan tinggi abu vulkanik 3.000 meter dan lama erupsi 229 detik. Semua material letusan semuanya mengarah ke arah selatan.
Selain letusan beberapa kali yang terjadi tersebut, Surono lewat halaman Facebook-nya juga menginformasikan letusan-letusan berikutnya yang terjadi pada siang hari.
Info Gunung Sinabung terkini (8/10/2014), setidaknya telah terjadi 89 guguran material berbahaya. Hingga pukul 19.00 WIB, telah terjadi empat kali guguran awan panas guguran dari puncak gunung dimana jarak tempuh paling adalah jauh 3.000 meter.
Demikian pula, terjadi gempa hybrid yang masih tinggi dan tremor yang muncul secara terus-menerus hingga saat ini.
Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengimbau masyarakat untuk tidak beraktivitas pada radius 5 kilometer, arah tenggara dan selatan puncak Gunung Sinabung.
Sekali lagi menurut Sutopo, info gunung Sinabung terkini mencatat berdasarkan pendataan terakhir bahwa jumlah pengungsi mencapai 3.287 jiwa (1.019 KK) yang ditampung di 16 titik pengungsian.
Demikian Info Gunung Sinabung Terkini, mari kita mendoakan semoga tidak ada korban jiwa, semua selamat dan diberi ketabahan. Amin.
Terima kasih telah membaca artikel tentang INFO GUNUNG SINABUNG MELETUS TERKINI: Warga Sekitar Harus Hati-hati! di blog Info Gunung jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :